Tuesday 15 March 2011

Sekapur Sirih

Kepada Facebooker Tondang Yth

Banyaknya generasi muda Batak, banyak yg tidak mengetahui silsilah asal marga mereka karena tidak diajarkan oleh orangtua atau tidak mau tahu dan enggan bertanya. Sehingga ketika mereka menjadi dewasa barulah bertanya "siapakah aku, dan bagaimana asal usul marga ku?" sehingga disaat sudah mulai mengembangkan dirinya pada saat yang sama baru ia mulai mempelajari dan menemukan jati dirinya, Seperti sudah dibahan di Group ini.

Tondang sbg marga yg mandiri sejajar dengan Marga yg lain seperti : Purba, Tamsar, Girsang dsb sudah dibahas di Group-group Tondang, tapi itu hanya wacana saja. Wacana ini harus terus di Kita bawa ke Forum yg lebih Tinggi seperti : Harungguan Purba, Toga Purba, Purba Manorsa, karena disitulah ada Perwakilan Tondang. Mereka juga merespon Keberadaan Tondang tsb, Mereka setuju memfasilitasi dalam bentuk Rapat Pengurus dan Seminar.

Asal Usul Tondang Pasca Berdirinya Tugu Tondang, sudah berkembang sedemikian Pesat, terutama Sekitar Danau Toba yg memang Kita berkiblat kesana, Tapi Sosialisasi sudah sampai dimana, Persepsi kita ttg hal tsb berbeda-beda, apalagi Kami yg diperantauan ini. Inilah jadi keprihatinan kita.

FB sudah sangat membantu menghimpun Tondang dimanapun Dia berada, Ternyata Tondang dan Borunya sangat banyak berserakan di Perantauan. Mereka hanya ingin Wadah utk mempersatukan, tapi banyak kendala yg dihadapi. Kalau Kami di Jakarta itu tdk menjadi masalah, Tumpuan Kami baru berusia 3 tahun, dan pernah selama 15 tahun Tumpuan ini tidak bekerja, Dampaknya sangat Besar.

Di Tumpuan, Kami Pengurus yg masih Naposo ini terbentang dan terbentur akan Keberadaan Tondang ini . 

H. Tondang

No comments: