Wednesday 14 March 2012

Mari Kita Buat Tarombo Tondang

Halomoan Tondang was with Herald Diego Tondang.



    • Serpin Tondang Au parsibidik ma

    • Menrinson Tondang Sihalpe Au , pardia ? Pin.

    • Serpin Tondang Lang terdaptar huida da`tp lang huboto atek slh manori au wkwkwkwkwkwkwk

    • Menrinson Tondang Sihalpe Sarupa hita aupe alani lang huida jadi husugkun ho !.

    • Serpin Tondang Jadi soddia ma ai pak tua`ihadiriham donea`tp lang terdaptar`tp nasalah do ra halak ai

    • Pendi Juniaman Purba Tondang Lang pala ibahas be pembagian Tondang on halani boi memicu permasalahan. Sukkup TONDANG gelah, lang pala dong embel2 nalegan.

    • Tondang Rv Au pe lang tardaftar da, tapi au tetap bangga do sebagai Keturunan Tondang.

    • Jagaya Tondang hahaha,MTS@: kan han sihalpe do nasiam......

    • Efril Zen M Tondang Ia setuju do au dohot pandapot nasiam. Tondang ya Tondang lang pala ibaen Tondang Silopak, Sibidik, Nagori. Holi adong ma homa Tondang Sihalpe, Hinalang, Huta Tano jadi lutu. Sukkup ma i botoh hita anggo Tondang pada awalni tersebar hu Sibidik, hu huta2 na legan tapi seng pala ibaen ai jd sebutan Tondang On, Tondang An. Tondang saatnya Bersatu dan Focus dengan apa yg bisa kita lakukan kedepannya. Maaf sadokah on lape adong sumbangsih yg berarti dari saya untuk Punguan Tondang semoga ke depan bisa memberi kontribusi. Maaf kalau ada salah kata :)

    • Tondang Rv Ai do na tongon ambia EZT sependapat hita.

    • Jagaya Tondang ST@: mantap , gali hamma das hu ham nmr piga ase dapot tuturta, au nomor 5 ma han nagoripurba heheheheh

    • Jagaya Tondang manurut au porlu do on i hita lang na mambagi bagi, tapi hita mangidai tarombo ase dapot tutur ta. unang mamio abang ganup langadong adek. tarimakasih

    • Tondang Rv Roh ma hita han Partubuh songon i adat karo, tapi na jelas ulang adong boritni uhur.

    • Efril Zen M Tondang Anggo martutur martarombo lang ilarang da? Dear doai ase ibotoh hita atek na abang, bapanggo atap bapatua. Asal ulang pembagian2 ai jadi borit ni uhur :)


    • Efril Zen M Tondang Anggo martutur martarombo lang ilarang da? Dear doai ase ibotoh hita atek na abang, bapanggi atap bapatua. Asal ulang pembagian2 ai jadi borit ni uhur :)


    • Pendi Juniaman Purba Tondang Menurut pandapotku @ Martutur lang pala salah tapi dearanma baen hita partuturan berdasarkan umur.


    • Serpin Tondang Mts@Ate soddia manurut ham bp tua`materima ham masukan~masukanni akka saninataton`jd lang pala nini iparmasalahkon`


    • Menrinson Tondang Sihalpe Setuju bangat, ai aupe iseng isengdo manungkun ai. Masalah tutur gampang do carani sada contoh dari yg kita kenal songon au pakon si berlin tondang par silippi anakku mai manang si Nelsi br tondang borukku mai ipartuturan sonaima baen hita carana melalui yg kita kenal. Onpe pandapodhudo anggo adong cara nalegan.


    • Halomoansky Tondang Nebeng ahhh.anggo au sependapat do naikatahon nasiam anggo boi unang ibeda bedahon tondang dia najelas tondang ht tano.anggo au tondang han ht soping no 9 ma au.9ma hanami keturunanni bp nami.


    • Serpin Tondang Mts@ terima g terima hrs terima ata bp tua`hahahahhahaha nabercanda doon da`ase songon nareme ge ate bp tua hahahhahaha

    • Rahman Tondang ‎ 
      Halomoansky Tondang, soping sabah do nasiam hinan ati...


    • Halomoansky Tondang Alo katua naboron isoping saba sonaripe ijaido alai anggo au domma hu tangerang dengan maksud mencari kehidupan yg lebih baik tapi apa daya tangan tak sampai katua hahahahahaha....7*hali.


    • Jagaya Tondang Halomoansky@: nmr 9 handiado ibuat ham bang han oppung manang han Tugu


    • Halomoansky Tondang Jagaya tondang@nahubuat ai cs hanamido ai keturunanni bapa nami auma no 9 alias siappudan.nacuriga do ho cs au asli naidope tondang huta tano.


    • Nelsy Tondang Hidup Tondang! yes...yes..yes, on ma gelah haha....sukses !!!


    • Halomoansky Tondang Okelah kalau begitu.maju tondang hidup tondang.ngennnnggggggg.


    • Jagaya Tondang Halomoansky@: huagan han oppung tinodohonni oppung nai tugu ai naman rohakku. He he he


    • Halomoansky Tondang Anggo na han tugu ai domma dong gambaran bakku nomor piga doma dong holi anggo ijabarhon holi mabiar au saninatta adong na pro adong naso setuju.kecuali anggo di bahas secara bersama sama.


    • Halomoan Tondang Horas ma di Hita Banta Haganupan

      Pola Pikir Tondang di dunia Maya ini sudah naik kelas lagi apalagi pasca Pesta BonaTaon, otomatis Ruang lingkupnya makin Luas dan Fokus pada Kemandirian dan Keberadaan Tondang.

      Mengenai silsilah Tondang, Kita kembali ke Komitmen semula bahwa tidak ada pengkotak-kotakkan Tondang (Tondang itu Satu, iru sudah harga mati), Tapi Silsilah Tondang seutuhnya harus jelas Kita definisikan bersama dan Kita harus bekerja keras mewujudkannya apapun metode pendekatannya.

      Saya memperhatikan dalam hal silsilah Tondang ada 2 kelompok untuk mewujudkan penelusuran Ompung Ompung Kita, yakni Kelompok TOP DOWN Aproach (Pendekatan dari Atas ke Bawah mulai Perjalanan ke Tanah Simalungun, Raja Bara dan keturunannya dan Sepak terjangnya) dan BOTTOM UP Aproach (Ini yang Kita sendiri menelusurinya dimulai dari Kelaurga Besar Kita sampai Ompung Ompungnya yang Kita kenal), dan Mereka semua sedang bergerak, tapi memang harus mencurahkan waktu yang lebih dan kepandaiannya untuk menulis. Jadi mari kita dukung dan harus mulai kita bekerja untuk kearah itu.

      Argumentasi hanya untuk bumbu penyedap dalam berkomunikasi sampai terwujud apa yang Kita harapkan, Baru Kita seminarkan, Kita Sosialisasikan. Saya Rasa mewujudkan hal tsb KITA BISA, satu tahun, Dua Tahun, Lebih Cepat lebih baik. Dan Kita harus Bisa....!!!!. Apalagi Member TONDANG BERSAUDARA yang sudah banyak yg berkompeten untuk hal yang sebegitu doang, Saya rasa hal yang kecil kalau Kita mau...!!!



    • Halomoansky Tondang Inilah yg jadi persoalan setip marga pada saat pembuata tarombo khususnya kita tondang memang kita ngak tau lagi mana yg benar mana yg salah.setiap tondang yg saya tau beda2 pendapat. bahkan ada yg mengaku siabanggan menurud dia.akan tetapi dia ngak tau opung yg lain.banyak di antara tondang yg pintar tarombo tujuan sama tadi pendapat beda.haha doon lakan??????


    • Halomoan Tondang Asalkan Persepsi Kita sama dan Mari Kita samakan Persepsi, walaupan Argumentasi Kita beda tapi Kita Coba dulu, Toh Kita hanya Team yang Kecil tapi sudah mewakili. Didunia darat seperti Siantar sudah ada yg memulai menyusun Sejarah Tondang, Di Nagori sudah banyak Warga mencari Tahu ttg Sejarah Ompung Kita walaupun lewat Hasandaran Ompung. Bagaimanapun Juga Benang Merah yg sudah putus dimana-mana akan sedikit demi sedikit akan tersambung kembali, asalkan jangan Kusut.


    • Pendi Juniaman Purba Tondang Mencari sejarah oppung kita monggo2 saja yg penting harus dihindari perpecahan, pengelompokan maupun yg membuat keretakan dlm kumpulan. Mencari asal usul oppung masing2 boi do tetapi tetap sada aima TONDANG. Sonaima menurutku da, maaf anggo dong hata nalepak tene. Horas.


    • Rahman Tondang Perpecahan apa ? Perselisihan selalu ada dimana-mana. Dimana-mana ada perselisihan. Tahukah kalian di Huta Tano saja Marga Tondang tidak satu 'berselisih' ....ya tapi tetap Satu Marga Tondang. Kenapa ? Karena sifat Tondang...


    • Pendi Juniaman Purba Tondang Sepertinya kita tetap dan harus menggunakan satu "TONDANG". Jangan ada pembagian. Kalau masalah ise sibaggalan ise sietekan dearanma berdasarkan umurta masing2. Sonari tugas anggota na tardaftar aima menyatukan TONDANG na adong. Selanjutni membuat kegiatan na boi membangun hita TONDANG. Visi dan Misi harus satu.


    • Halomoan Tondang Padahal semangat Kita bikin Tarombo adalah Partuturan, Supaya tidak salah paetuturan, Kenapa Kita Harus panggil Panggi, Oppung dan laen sebagainya. Kenapa Partuturan berdasarkan Umur Sanina Pendi. Saya rasa Kita sudah melenceng jauh....!!!!


    • Menrinson Tondang Sihalpe Tutur si Rahman tondang anggikku bani tutur tp anggo pajupah hanami hudilodo ia abang alani domma daoh itasku umurna. Songon hu orang tuani si Nelsi tondang au mandilo abang halani domma daoh selisih umur tapi niombahni isuru mandilo bp tua huhanami ase tarida ise sikahanan. Jadi sonaima ibAen hita tuturta.


    • Rahman Tondang Menurut saya dalam mencari Tarombo ini, perlu seperti apa yg diutarakan Ama Josua, kalau kita tidak tahu Oppung kita ( Apakah Oppung Silopak, Oppung Sibidik ) darimana kita memulai Silsilah keturunan ? Memang...Tondang tetap satu. satu Oppung dari Sibara-Bara. Kenapa takut kita dibilang sietekan atau sibaggalan kalau memang benar menurut urutan tutur ? Songon si Pendi Juniaman Purba Tondang on ma, kan pasti tahu Bapa, Oppung, Oppung ni Oppung.... dari mana asalanya ? Biar bisa menjelaskan Keturunan no berapa ? Jadi ulang mabiar perpeccahan, Kenapa muncul perpeccahan ? Kita mencari Tarombo intinya adalah mempersatukan. Padomuhon. Mamparerat parsaninaon. Tambahi nasiam han luluan in.


    • Puteri Tondang Selamanya slalu pandang sisi positif aja
      toh gada ruginya koq n jd ga repot

      jangan slalu MRASA paling ABANGAN
      jangan pula mrasa adekan padahal dah JELAS siabangan

      contohnya di kluarga kami (Op. Kevin):
      semasa hidup Bpk kami dulu
      ada Tondang yg sring datang krumah
      dan itu dah dr smenjak kami kecil2
      jlas di telinga kami smua klo beliau manggil abg sama bpk kami
      meski dr segi umur beliau lebih tua 5th
      ehh pas marujung ma bapa nami
      mintor hambalma mandilo BAPATUA hanami
      janah anggo ni tangar marhata
      "yah anggo si Marno nahinan mambaen mekkel do torus"
      bla bla bla bla bla bla

      lungun tumang do pangahap diri
      tp biarla memang roda pasti berputar
      mungkin hlani lang dong be bapa nami
      jd lang maharga bei hnami ginomparni
      hikz
      :'(



    • Halomoan Tondang Saya tidak percaya kalau Kita terjadi Perpecahan....!!!!, Orang Kita sama-sama mengkawalnya....!!!!!. Sebenarnya yang sudah terlanjurnya Kita buat Tarombo. Jadi jangan Kepalang Tanggung. Jadi kalau kerja kita setengah setengah, ibarat Kita memindahkan batu yang besar melewati bukit, Sudah setengah jalan, hanya Kita tidak konsekuen maka Batu kembali jatuh kebawah. Jadi karena ada Pak Claudia, Ada Bang Menrinson, ada Setiana, ada pak vivi dan Sanina lainnya. Kita lanjutkan Rencana tsb. Ibarat kita nongkrong di Warung Kopi sambil Kita marTarombo.


    • Rahman Tondang Ok LAnjut Ama Josua.... mulak ma lobei au hu kohoman da..


    • Halomoansky Tondang R tondang@botuldo ai katua sangat sangat setuju anggo adong tondang silopak sibidik berarti opungta aima keturunanni han ht tano?alani daham anggo nga adong tarobo manang tau silsilah tondang pasti iboto tutur.ondo nabahat kendala alani daham opung raja bara piga hali mopo janah piga naipupus dang adong namamboto.memang tongondo namin tondang tanpa silsilah mulai han ht tano lang onggah dope tarbotoh.


    • Jagaya Tondang ALL@: kita nngak ada membedakan TONDANG kita tetap satu. mari kita mengikuti jalur, yang tertulis silsilah (tarombo)berarti kita bersama sama mencari dan membenarkan. SEPERTI yang dikatakan halomoan@ ibarat di warkop, sedikit demi sedikit pasti bisa.

      lagian coment kita diatas nggak ada yg bilang tondang ini tondang itu selain par atau huta. jadi coment kita sudah lari dari jalur.
      kita harus percaya dan yakin kita tetap satu yaitu TONDANG.
      -------------------------------------------------------------------------------------
      Sonaima manurut au, ipe atek dia adong na hurang mar sipadearan hita. Tarima kasih



    • Tondang Rv Baen nasiam ma, asalma mambahen na madear. he he he.

No comments: